Pengenalan Menu dan Sub Menu pada Office Word 2013

Dengan sejalan perkembangan Office yang dikembangkan oleh Microsoft, Office 2013 ini relative lebih ringan dari versi Office sebelumnya. Dengan tampilan yang minimalis dan mengusung gaya flat dari tema Windows 8, diharapkan masyarakat pengguna Aplikasi Office lebih nyaman dalam menggunakannya.

Terlepas dari perkembangan Office, setiap versi terbaru dari aplikasi Office dipastikan menyuguhkan tampilan yang berbeda-beda pada tiap versinya dan menambahkan beberapa menu tambahan pada tiap versinya.


Tampilan Awal Microsoft Office 2013
Tampilan Awal Office 2013

Baiklah mari kita bahas menu yang paling sering digunakan oleh para pengguna Office.
 

Tiitle Dokument 

Tiitle Dokumen Office 2013
Tiitle Dokumen

Tittle Document merupakan judul adri document yang kita buat. Terletak pada bagian atas dokumen yang biasa disebut dengan Tittle Bar. Nama dokumen akan tampil apabila dokumen yang kita buat telah disimpan atau kita sedang membuka membuka dokumen yang sudah ada.
 

Quick Access
 

Menu Quick Acces Office 2013
Menu Quick Acces

Quick Acces tetap masih disertakan dari versi sebelumnya. Fungsi dari Quick Access sendiri untuk mengakses menu secara instan dan bisa kita setting menurut kebutuhan seperti Save, Undo, dan Redo. Secara default hanya berisi tiga menu yang telah disediakan, tetapi kita bisa menambahkannya sendiri.
 

Ribbon
 

Menu Ribbon Office 2013
Menu Ribbon

Ribbon telah ada pada versi sebelumnya yaitu pada Office 2007 awal dari menu ribbon dikenalkan dan masih dipertahankan sampai dengan versi ini. Ribbon adalah menu bar yang berisi segala macam menu yang telah dikelompokkan dalam beberapa group tertentu.
 

Adapun menu yang ada pada ribbon adalah sebagai berikut :
 

- File
Menu file ini berisi beberapa sub menu yang diantaranya adalah New untuk membuat dokumen baru, Open untuk membuka dokumen, Save untuk menyimpan dokumen, Save As untuk menyimpan document dengan nama lain, Print untuk mencetak dokumen dan lain-lain.
 

- Home
Menu Home berisi dasar dari pemformatan dokumen, seperti pemilihan jenis font, pengaturan tata letak tulisan, penomoran dan lain-lain.
 

- Insert
Menu insert adalah menu yang berisikan memasukkan objek atau file ke dalam dokumen seperti gambar, video, grafik, table, symbol, rumus matematika dan lain-lain.
 

- Design
Menu Tab Design ini berfungsi untuk mengatur halaman secara penuh seperti tema halaman, memberi warna format pada dokumenyang dibuat, menambahkan watermak yaitu pemberian tulisan samar ditengah pada semua halaman dokumen yang dibuat dan lain-lain.
 

- Page Layout
Menu Tab ini digunakan untuk mengatur rancangan halaman pada dokumen yang kita buat seperti pengaturan margin, orientasi halaman, mengatur ukuran halaman dan lain-lain.
 

- References
Menu Tab ini digunakan untuk menambahkan refrensi pada dokumen yang kita buat semisal kita mengambil sumber makalah dari website atau buku atau Koran dan kita tambahkan pada catatan kaki atau footnote.
 

- Mailings
Menu Tab ini digunakan untuk membuat surat secara masal dengan format tulisan yang sama akan tetapi mempunyai data yang berbeda pada setiap suratnya. Data tersebut bisa dikoneksikan dengan MS. ACCES atau MS. EXCEL.
 

- Review
Menu Tab ini berisi fasilitas untuk memeriksa kevalidan dari dokumen yang dibuat, dari kata-kata atau format dari dokumen.
 

- View
Menu Tab ini berisi fitur untuk merubah tampilan dokumen yang sedang kita kerjakan seperti menampilkan Rule, memperbesar tampilan dokumen.
 

Ruler
 


Fungsi dari Rule pada Office 2013 adalah untuk membantu menyelaraskan teks atau unsur-unsur lain dalam dokumen agar terlihat rapi.
 

Read Mode and Zoom
 

Read Mode dan Zoom Mode Office 2013
Read Mode dan Zoom Mode

- Read Mode adalah menu yang digunakan untuk mode pembacaan agar lebih nyaman membaca sebuah dokumen dengan tampilan slide.
 

- Zoom adalah tools untuk memperbesar dan memperkecil tampilan dokumen. Kita bisa atur Tool Zoom ini sesuai dengan keinginan kita.
 


Status Bar
 

Status Bar Office 2013
Status Bar

Berguna untuk memonitoring dokumen yang kita buat seperti jumalah kata, halaman dan lain-lain.
 

Itulah beberapa menu pada office 2013 yang bisa kita gunakan untuk mengolah dokumen yang sedang kita kerjakan agar dokumen yang kita buat lebih menarik sesuai dengan keinginan kita.

Sekian artikel dari saya tentang Pengenalan Menu dan Sub Menu pada Office Word 2013, semoga bermanfaat dan menambah wawasan sobat dalam belajar. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url